DINKES - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dadang Sulaeman mengatakan demi terciptanya kesehatan pada diri seseorang terdapat empat faktor yang mempengaruhi. Keempat faktor itu berupa keturunan, pelayanan kesehatan, kebersihan lingkungan dan juga perilaku hidup sehat.

"Sehat adalah investasi yang luar biasa, ada empat faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang, keturunan, pelayanan kesehatan, kebersihan lingkungan dan juga perilaku hidup sehat," ujar Dadang saat membukan gerakan masyarakat hidup sehat di lapangan IPP, Sabtu (22/2/2020)

Dari empat faktor yang mempengaruhi, yang paling mempengaruhi sekitar 45 persen adalah perilaku hidup bersih dan 30 persen paling berpengaruh adalah kebersihan lingkungan.  Dadang mengimbau masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. "Empat faktor penunjang kesehatan masyarakat yang paling berpengaruh besar diantaranya perilaku hidup sehat yang berpengaruh sebesar 45 persen dan kebersihan lingkungan memberikan pengaruh sebesar 30 persen, untuk keturunan dan pelayanan masyarakat masing-masing berpenaruh 5 persen dan 20 persen," tambahnya.

Empat faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang didukung dengan enam elemen peningkatan diantaranya, peningkatan aktivitas fisik, peningkatan hidup sehat, penyediaan pangan sehat, peningkatan pencegahan dan diteksi dini, peningkatan kesebersihan lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat kepada masyarakat. “Masyarakat harus menerapkan hidup sehat yang dipandu serta diarahkan oleh tim kader disetiap lingkungannya,” kata Dadang. (irs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)