SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Pemkab Sumedang melalui Divisi Jaring Pengaman Sosial telah menyalurkan cadangan pangan berupa beras ke seluruh kecamatan, dengan jumlah rata-rata 1,5 ton per kecamatan. Cadangan pangan tersebut sudah disiapkan sebelum pemberlakukan PSBB di wilayah Sumedang yang sengaja disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya warga yang tidak makan selama PSBB berlangsung.

Sementara, hingga saat ini, Pemkab Sumedang menyatakan sejauh ini belum ada laporan terkait warga yang kekurangan makanan. Sebab, jauh hari telah menyiapkan cadangan pangan di seluruh kecamatan.

"Kami belum menerima laporan ada warga yang tidak makan akibat ada PSBB. Kami memastikan tidak akan ada warga yang kelaparan selama pemberlakuan PSBB di wilayah Sumedang," ujar Koordinator Sub Divisi Jaring Pengaman Sosial pada Gugus Tugas Covid-19 Kab. Sumedang, H. Amim, Jumat, (24/4/2020).

Menurut Amim, untuk pengelolaan cadangan pangan, nantinya akan diolah di masing-masing kecamatan. Salah satunya, disalurkan ke dapur-dapur umum di Posko Covid-19 tingkat desa.

Apabila selama pelaksanaan PSBB ini ada warga yang tidak memiliki pasokan makanan sama sekali, silahkan datang saja ke dapur umum terdekat di desanya masing-masing. Bahkan untuk mengoptimalkannya, gugus tugas Covid-19 terdekat juga, diharapkan dapat memfasilitasi warganya yang benar-benar tidak memiliki makanan sama sekali.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)