Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

RANCAKALONG - Festival Seni Budaya Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Rusa Emas Kecamatan Rancakalong digelar di Geoteater, Rancakalong, Rabu (24/4/2024). Festival dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang, Asep Aan Dahlan, yang mewakili Pj Bupati Sumedang.
"Saya mewakili Pak Pj Bupati, sangat menyambut baik kegiatan ini, sangat mengapresiasi, karena BUMDESMA Rusa Emas Rancakalong ini salah satu yang terbaik di Kabupaten Sumedang," kata Asep.

Asep berharap, kegiatan seperti Festival Seni Budaya BUMDESMa ini bisa dikelola dengan baik, sehingga menjadi event yang bisa menarik banyak wisatawan.
"Geoteater Festival ini sebagai salah satu promosi, atraksi yang menjadi pointer di pariwisata ini," katanya.

Direktur BUMDESMa Rusa Emas, Tatang Cahyana mengatakan, Festival Seni Budaya ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi yang 25 BUMDESMa Rusa Emas, yang mulanya adalah Unit Pengelola Kegiatan (UPK). "Kegiatan ini juga untuk memeriahkan Hari Jadi ke-446 Sumedang. Mudah-mudahan ini kedepan jadi salah satu agenda tahunan," ujarnya.

Dalam festival tersebut dua ajang dilombakan, yakni lomba Ibing Tarawangsa antar sekolah dasar, serta Seni Budaya bagi siswa Kelas 12. Kegiatan festival seni ini akan digelar dalam dua hari. Dimana hari pertama digelar lomba kesenian, dan hari kedua, Kamis besok, diadakan Senam Simpati Massal. "Pesertanya tingkat Kecamatan Rancakalong. Seni tradisinya seperti Kuda Renggong, Reak, Tarawangsa, Gembyung, Bangpret, Koromong, Sisingaan, Tari Umbul, dan Pencak Silat," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)