Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISPARBUDPORA - Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Nandang Suparman yang juga Ketua Panitia Sumedang yaitu West Java Paragliding Championship (WJPC) 2024 mengatakan, pihaknya memastikan segala yang dibutuhkan pada ajang bergengsi skala internasional ini telah dinyatakan siap. Ajang internasional WJPC 2024 sendiri akan dibuka pada hari Senin 30 September 2024.

Selain itu dari sisi jumlah peserta yang akan berpartisipasi, kendati dibatasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri, juga dipastikan telah terpenuhi. "Dari maksimal 100 peserta yang dibatasi, ternyata yang daftar ada 124 orang, yang mana dari 124 orang ini, ada 37 atlet dari luar negeri yang berasal dari 17 negara di seluruh dunia," kata Nandang, Kamis (26/9/2024).

Adapun kata Nandang, pada event Paragliding tahun ini pihaknya hanya membuka untuk kategori cross country. Yang mana para pilot akan take off di venue Batudua Cisitu dan landing di PPS. "Kami berharap paragliding dibuka langsung oleh Pak Menteri Pemuda dan Olahraga. Pak Pj Bupati sudah melayangkan surat ke Kemenpora. Mudah-mudahan beliau hadir," ujarnya.

Dikatakan, para pilot juga akan menginap di dua lokasi hotel yang ada di Sumedang kota. Termasuk ada sebagian yang memanfaatkan gedung Islamic Center.
"Sedangkan untuk homestay, kemungkinan ada mediator yang sesama atlet yang ada di Indonesia," katanya.

Kadis Nandang mengatakan, event Paragliding juga berbarengan dengan kegiatan olahraga lainnya dengan skala antar kampung antar kecamatan. Pertama olahraga bulutangkis, kedua bola voli, ketiga senam dan keempat atletik yang memperebutkan total hadiah Rp38 juta. "Termasuk juga beririsan dengan kegiatan Sumedang Creative Festival yang lebih didasarkan sebagai sarana dan wadah bagi para kreator yang ada di Sumedang, baik seni rupa dan seni lukis juga kerajinan tangan termasuk 17 sub sektor ekonomi kreatif diselenggarakan pada acara pembukaan WJPC 2024," imbuhnya.

Terkait event tersebut, Nandang mengatakan rata-rata setiap kecamatan sudah mengirimkan perwakilan untuk mendaftar, terutama untuk kejuaraan cabor bola voli.
"Mudah-mudahan tidak hanya sekedar ajang kejuaraan, tapi ini sebagai wadah dan sarana para atlet untuk menunjukkan prestasi yang lebih bagus. Kemudian para atlet di empat cabor ini bisa membawa nama baik Sumedang," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)