SUMEDANGKAB.GO.ID, BUAHDUA- Makanan lemper biasanya dibuat dari beras ketan yang ditanak lalu ditumbuk dan dibungkus daun pisang degan isian daging cincang lezat. Tapi lemper ini berbeda dari penganan lemper biasanya, karena lemper ini terbuat dari biji hanjeli. Hanjeli adalah bahan baku makanan sejak dulu yzng dinilai mengandung kadar gula rendah. Sehingga cocok untuk dijadikan bahan baku berbagai makanan.

“Kami membuat lemper dari hanjeli untuk memanfaatkan hanjeli dan agar makanan beragam bahan bakunya,” kata Edoh, pelaku UMKM Citaleus, Jumat (11/9/2020).

Menurut Edoh, pelaku UMKM di Buahdua ini memang sudah sering memanfaatkan bahan baku hanjeli pada produk panganannya seperti nasi uduk, awug,bubur sumsum dan lemper. Produknya laku keras karena hanjeli sangat enak dan mengenyangkan.

Sebagai varian dan inovasi dari UMKM-nya, kini Edoh akan membuat panganan raginang dari hanjeli.

"Kami baru mengawali percobaan membuat raginang dari hanjeli, semoga saja bisa jadi produk panganan yang baik, rasanya menarik dan bahan baku juga sekarang banyak," ujar Edoh menyebutkan, dengan memperbanyak panganan berbahan baku hanjeli dinilai sangat baik untuk diet atau pencegahan diabetes.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)