TANJUNGKERTA - Pemuda Karang Taruna Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta berinovasi membuat wahana permainan river tubing mini. Wahana ini berada di pinggir jalan kabupaten, di tengah permukiman warga, tepatnya Dusun Babakan Caringin.  "Kebetulan lokasinya berada di gerbang pertama wilayah desa kami, dengan memanfaatkan air irigasi," ujar Kepala Desa Cipanas Mohamad Asep Latipan, Rabu (19/2/2020).

Wahana ini, kata Asep, berada di saluran irigasi dengan memanfaatkan air dari mata air Cikandung. Lebar saluran 5 meter, dengan saluran yang dimanfaatkan sepanjang 50 meter, dan kedalaman 50 centimeter.  "Baru seminggu ini kami manfaatkan. Ini aman untuk anak, karena tidak ada batu-batu besar," ujarnya.

Agar lebih asri dan menarik, tembok sekitar irigasi dicat warna warni, dan diberi hiasan seperti lampu topi caping yang sudah dicat. "Wahananya kami namakan Tubing Cisolokan," katanya.

Ide pembuatan Cisolokan, kata kades, berawal dari masukan warga. Menurutnya, anak-anak sangat antusias bermain di Cisolokan. Ia menggambarkan, wahana tersebut selalu ramai sejak pagi jika libur. Sementara di hari biasa, selalu ramai usai pulang sekolah.  "Tujuannya untuk hiburan anak-anak, mudah-mudahan bisa meminimalisir anak-anak agar tidak kecanduan bermain gawai alias gadget," katanya.

Adapun biaya pembuatan wahana Cisolokan bersumber dari swadaya masyarakat.  "Untuk pengelolaannya oleh Karang Taruna. Kita hanya menyewakan ban,  Rp2.000 per jam," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)