Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

CIMALAKA - Kolam Wijayakusumah di Cipanteuneun, Desa Licin, Kecamatan Cimalaka selain bisa berenang dan permainan air lainnya, pengunjung pun bisa menikmati terapi ikan. Di wisata Wijayakusumah sendiri ada 2 kolam yang diisi dengan ikan terapi yaitu ikan nilem kecil sejenis ikan tawes.

Untuk memulai terapi ikan, pengunjung tinggal memasukan bagian kaki atapun tangan ke dalam kolam, selanjutnya ikan ikan kecil akan menyerang dan menggigit gigit secara perlahan. Salah seorang pengunjung Engkan mengaku awalnya kaget saat kaki yang dimasukan ke kolam langsung diserang gerombolan ikan. "Rasanya seperti kesemutan, sayapun kaget dan kakipun langsung diangkat lagi," jelasnya Senin, 15 April 2024.

Namun, lanjut dia, lama lama terasa enak juga digerogoki ikan ikan kecil dan tidak terasa seperti kesemutan lagi hingga dirinyapun menjadi nyaman. Hal yang dikatakan Ikah warga Sumedang Utara ini mengaku cukup terhibur dengan terapi ikan walaupun awalnya kaget juga. "Bagi saya baru pertama dan sebelumnya mendengar dari orang sehingga penasaran dan mencobanya, ternyata asyik juga," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)