Ada Wabah Korona, Penurunan Omset UMKM Capai 60 Persen


Baca juga : Mudahnya Buat Cairan Disinfektan
Produk Unggulan se-Kecamatan Situraja ada di Kedai PAS


SUMEDANGKAB.GO.ID, Penurunan omset UMKM mencapai lebih dari 60 persen. Relawan Pendamping UMKM Crisis Centre ABDSI Jawa Barat Maulana Yusuf mengatakanpenurunan omset ini dirasakan oleh hampir 80 persen jumlah UMKM di Jawa Barat. Untuk itulah,relawan mendampingi pelaku UMKM dari berbagai sisi termasuk menjaga mental dan semangat pelaku UMKM dalam berusaha.

“Penurunan omset ini membuat manajemen usaha labil, oleh karenanya kami bertugas salah satunya menjaga optimisme dan semangat pelaku UMKM yang kini rata-rata omsetnya menurun lebih dari 60 persen,” kata Maulana,  Kamis (30/4/2020).

Maulana menambahkan,  untuk tahap awal, pihaknya lebih memilih untuk terus mempertahankan mentalitas usahanya biar tidak ambruk dengan memberikan motivasi dan kita juga berusaha membantu sebisa mungkin mereka bisa mengatur cash flow usahanya biar selalu positif.

Pendampingan ini sudah dilakukan selama 2 bulan dan selama ini pelaku UMKM masih semangat melanjutkan usahanya dengan cara mengganti strategi berjualan atau mengganti produknya.

Dari perubahan strategi ini, relawan mencatat ada ada peningkatan omset walaupun belum seperti saat sebelum pendemi, tapi usaha sudah mulai berjalan kembali. ***(rsi)


covid 19, UMKM

Berita Terkait