Air Bendungan Jadigede Masih Surut, Peternak Dapat Rumput di Lahan yang Surut


Baca juga : Sejuta Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Tangkapan Air Bendungan Jatigede


DARMARAJA -  Hamparan rumput yang tumbuh di lahan genangan Bendungan Jatigede yang surut di blok Cibungur, Kecamatan Darmaraja dimanfaatkan para pemilik ternak. Para pemilik ternak yang menyabit rumput tak hanya dari wilayah Darmaraja melainkan datang dari Jatinunggal, Cibugel, Situraja dan Jatigede.

"Kami saling memberi tahu, bahwa di lahan genangan yang surut banyak tumbuh rumput yang bisa digunakan makanan ternak. Makanya kami jauh-jauh datang untuk nyabit rumput ke Cibungur," ujar Asep Kamaludin, pemilik ternak asal Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal, Senin (2/12/2019).

Asep, tak datang sendiri, sejumlah peternak lainnya asal Cimanintin juga ikut menyabit rumput. "Kami rombongan menggunakan mobil, agar bisa memuat rumput yang banyak. Saya ajak lima rekan lainnya," ujar Asep.

Ia mengungkapkan, saat ini rumput memang masih sulit didapat. Begitu juga jerami sebagai pakan sapi sangat langka. Sehingga dirinya bersama rekannya kerap keliling mencari rumput. "Kalau air bendungan  kering atau menyusut memang biasanya suka tumbuh rumput. Lumayan rumput juga tumbuh di lahan yang luas," ungkapnya.

Hamparan rumput yang tumbuh luasnya mencapai hektaran. Tumbuh di blok Cibungur hingga blok Munjul. Selain diserbu para petani, hamparan rumput juga biasanya dijadikan tempat swfoto oleh warga. (nsa)


Bendungan Jatigede

Berita Terkait