Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISDIK - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang berharap para anak usia sekolah di sekitar kawasan Bendungan Jatigede tetap bersekolah di satuan pendidikan yang ada di sekitar Jatigede.

Sekretaris Disdik  Eka Ganjar mengatakan, hal tersebut didasari atas adanya saran dan masukan dari sejumlah kepala sekolah di sekitar Jatigede. Anak-anak usia sekolah di sana terkendala minimnya sarana transportasi untuk menuju sekolah. “Sempat ada salah satu kepala sekolah menanyakan bagaimana solusi untuk warga masyarakat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya di kawasan Jatigede. Jadi ada harapan bahwa di daerah Jatigede itu setidaknya ada sarana transportasi untuk menjemput bagi para siswa yang dimaksud,” kata Eka.

Untuk mengatasi hal tersebut, sambung Eka, maka harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan sekolah itu sendiri. “Kami sudah sampaikan bahwa untuk melanjutkan esensinya kemanapun dia melanjutkan, bagaimana anak-anak kita usia sekolah ini tetap bersekolah di manapun itu. Jadi tidak terpaku siswa ini harus ke sekolah A atau B,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Eka, pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini, pihaknya menghimbau agar masyarakat di usia sekolah khususnya warga Jatigede tetap bisa melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya. “Yang pasti pemerintah harus memastikan semua masyarakat usia sekolah tetap bisa sekolah. Karena ini berhubungan dengan indeks rata-rata lama sekolah, yang nantinya akan menjadi pendongkrak indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Sumedang,” katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)