KODIM -  Kodim 0610/Sumedang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sumedang melaksanakan gelar donor darah di Aula Juang Apet Makodim 0610/Sumedang, Kamis(2/4/2020)

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr(Han) menyebutkan bahwa kegiatan donor darah ini  bertujuan untuk membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh  masyarakat.

Pasalnya dengan adanya kebijkan social distancing akibat pandemi Covid 19 yang diterapkan pemerintah, maka akan berpengaruh pula terhadap ketersediaan pasokan darah di PMI  Kabupaten Sumedang .  “Kegiatan Donor darah ini bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui PMI  ,Laboratorium RSUD Sumedang dan Poskesdim Sumedang,”  ujar Letkol Novianto.

Petugas PMI Sumedang Otong Suherman  menjelaskan sebelum mendonorkan darahnya setiap anggota Kodim 0610/Sumedang  harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi COVID-19.  “Sebelum memasuki lokasi donor darah, para prajurit pun diminta untuk selalu menggunakan masker, tidak berkerumun,menjaga jarak serta  mengatur kedatangan secara bergantian. masing masing pendonor terlebih dahulu diperiksa suhu tubuh dan mengisi data informasi yang disediakan,” katanya.

Otong menilai jika penerapan sistem itu, sangat penting untuk dilakukan di tengah merebaknya COVID-19. Meski belum satupun prajurit yang dinyatakan terpapar corona, namun dirinya tetap memegang teguh sistem tersebut. “Social distancing, dapat mengantisipasi sekaligus meminimalisir keberadaan COVID-19, ” katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)