DISNAKERTRANS - Memasuki hari keempat pelaksanaan akselerasi evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir kembali melakukan monitoring dan pemantauan langsung kesetiap perangkat daerah (PD). Akselerasi evaluasi SAKIP dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Jumat (26/6/2020).

Bupati Dony melakukan pemetaan terhadap perkembangan pelaksanaan akuntabilitas kerja. Tak hanya itu, ia juga memberikan masukan kepada jajaran Disnakertrans untuk perbaikan, percepatan reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja.Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, ASN di Disnakertrans diharapkan tidak hanya fokus pada penanganan korona, tetapi juga fokus pada capaian target kinerja SAKIP sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

"SAKIP yang sudah diperjanjikan kinerjanya, saya minta tetap bisa dicapai oleh tiap SKPD walaupun dengan pengurangan anggaran atau refocusing akibat Covid-19 tapi kita bisa berikhtiar dengan cara lain diantaranya melalui pentahelik," katanya.

Menurutnyai, dalam menghadapi sebuah krisis atau wabah yang tengah dihadapi saat ini, kebijakan yang diambil adalah managemen underpresure. “Biasanya,  kalau menghadapi masalah yang besar muncul lompatan berpikir termasuk ketika membuat sebuah kebijakan,” katanya.

Kaitan hal itu, ia berharap, dalam menjalankan tupoksi dan mencapai target kinerja, harus mempunyai competitif advantage dan berinovasi. Lebih lanjut, fungsi manajemen  dapat dilaksanakan dengan baik sehingga kegiatan yang dilaksanakan berorientasi pada hasil. [hms/rsi]

(penerbit: sumedangkab.go.id)