SUMEDANG.KAB.GO.ID, KOTA - Atlit rugby asal Sumedang mendominasi tim Rugby Provinsi Jawa Barat yang akan berlaga di PON 2020 Papua. Prestasi ini mengalahkan daerah lainnya di Jawa Barat dalam cabang olah raga rugby.

"Hampir 50 persen tim Jabar (atlitnya) berasal dari Sumedang. Ini yang membuat kami bangga," ujar pelatih rugby Sumedang Wiwin Yuningsih, Selasa (7/1/2020).

Keberhasilan menyumbangkan atlit terbanyak untuk berlaga di PON, kata Wiwin, tak lain hasil prestasi di tingkat Porda Jabar tempo lalu di Kabupaten Bogor. Dalam Porda tersebut Sumedang mampu menyabet medali emas baik tim putra maupun putri.

"Tampil sebagai juara, makanya Sumedang diperhitungkan dalam cabor rugby," ucapnya.

Ia menambahkan, atlit rugby Sumedang berasal dari kalangan mahasiswa dan profesional. Dengan demikian potensi cabor rugby akan terus berkembang.

"Kita kedepan akan jadi parameter rugby di Jabar," imbuhnya.

Wiwin menyebutkan, saat ini trend pertandingan rugby adalah rugby 7s atau satu tim terdiri dari 7 atlit atau biasa disebut 7 lawan 7. Rugby juga kata dia, biasanya dipertandingkan 10 lawan 10 atlit. Tim rugby Sumedang menargetkan prestasi gemilang yang akan  mencetak nama baik baik Sumedang.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)