Atraksi Helikopter Memukau di Pembukaan Kejuaraan Dunia Paralayang


Baca juga : Atraksi Helikopter Memukau di Pembukaan Kejuaraan Dunia Paralayang


Reporter : Ve Suciati I Editor : De Rustandi

KOTA - Aksi enam helikopter dari Skuadron 7 Angkatan Udara memukau saat pembukaan West Java Paragliding Word Championship 2019 yang dilaksanakan di Alun-alun Sumedang, Selasa (22/10/2019). 

Lettu Penerbang Sandi Natajatnika mengatakan, awal keterlibatan satuannya dalam even besar ini adalah berdasarkan informasi dari putra daerah Sumedang yang juga alumnus SMAN 1 Sumedang bernama Taufiq Agus Hidayat yang juga merupakan alumnus Angkatan Udara tahun 2003 bahwa akan ada even kejuaraan internasional di Sumedang.  "Yang turut berpartisipasi besar dalam keterlibatan kami, "Skuadon 7"dalam even ini adalah Taufiq dan Pemkab Sumedang. Jadi ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami bisa terlibat dalam pembukaan West Java Paragliding Word Championship 2019 yang digelar di Sumedang," ujarnya.

Menurut Sandi, Skuadron 7 melaksanakan tiga kali Fly Fast, yaitu Delta Formation dari Utara ke Selatan, Crossbow Formation dari Barat ke Timur, dan sebagai penutup yaitu Delta Formation dari Utara ke Selatan yang diakhiri dengan Sparkling. "Dalam Fly Fast melibatkan 12 penerbang menggunakan 6 pesawat. Masing-masing pesawat diawaki oleh 2 penerbang, 5 instruktur dan sisanya adalah kapten dan co-pilot dari Skuadron 7," katanya.

Ribuan pasang mata menatap ke langit melihat Helikoter Ece 120B Colibri buatan Airbus Helicopter bermanuver. "Cukup ngeri juga ketika melihat ada lima helikopter terbang kemudian dari arah depan rombongan helikopter datang satu helikopter. Trenyata hanya berpapasan saja," kata penonton. []


Sumedang Simpati, Paralayang, Paragliding, Jejahi Sumedang, Explore Sumedang

Berita Terkait