Ayo, Bersihkan Saluran Air!


Baca juga : Ayo, Bersihkan Saluran Air!


CISITU - Pemerintah Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu meminta masyarakat menjaga kebersihan lingkungan saat memasuki musim hujan.

"Ada banyak hal yang bisa terjadi saat musim hujan tiba, diantaranya banyaknya wabah penyakit. Semua itu disebabkan kotornya lingkungan," ujar Kades Linggajaya, Agus WD, Kamis (14/11/2019).

Agus menyebutkan melalui gerakan membersihkan lingkungan selain mencegah timbulnya penyakit, juga untuk mencegah banjir lingkungan. Bencana alam seperti banjir dan longsor bisa saja terjadi karena faktor sampah yang menyumbat disaluran irigasi. Biasanya, hal kecil seperti itu tidak disadari oleh masyarakat, sampah yang berada di saluran irigasi saat ini memang terkesan diabaikan oleh masyarakat. Padahal saat intensitas curah hujan tinggi, sampah tersebut bisa mendatangkan musibah.

"Jangan dikira sampah yang hanya terlihat sedikit berada disaluran irigasi tidak akan ada dampak yang bisa merugikan kita, terus kita biarkan begitu saja," katanya.

Dengan demikian, masyarakat harus mau membersihkan lingkungannya secara bersama-sama dan aktivitas itu bisa dibudayakan secara kelanjutan. (nsa)


Jumat Bersih

Berita Terkait