Ayo Menanam Apotek Hidup di Pekarangan!


Baca juga : Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL - Pemerintah Desa Tamansari, Kecamatan Cibugel mengintruksikan warganya untuk kembali menanam apotek hidup di lahan atau lingkungan rumah.

Kades Tamansari, Iin Indrayana menyebutkan,  keberadaan apotek hidup atau budidaya tanaman obat harus kembali diberdayakan kembali. Fungsi Apotek hidup bisa membantu keluarga untuk memenuhi kebutuhan obat yang bisa dihasilkan dari tanaman.  Selain itu bisa memaksimalkan fungsi pekarangan rumah agar bisa berfaedah.

“Semangat menanam apotek hidup di pekarangan memang sudah kendur. 
Untuk itu kewajiban pemdes membangkitkan kembali semangat tersebut,” kata Iin, Rabu (2/10/2019).

Guna membangkitkan hal itu, mulai dari PKK, ketua RT dan RW serta aparatur desa harus intens menyosialisasikan  pentingnya apotek hidup terutama bagi warga yang mempunyai lahan pekarangan.  “Nanti kita usahakan penyediaan tanamannya. Untuk yang tidak punya pekarangan kan bisa di polybag atau pot. Yang jelas bisa dengan berbagai cara,” katanya.

Tanaman yang bisa ditanam untuk apotek hidup seperti kencur, daun seledri, kunyit dan sereh.  Tanaman tersebut mudah didapat diperkampungan dan mempunyai  khasiat yang bisa untuk mengobati macam-macam penyakit. 
"Kesadaran warga untuk membuat apotek hidup sangat penting. Apalagi rata-rata lahan milik warga di wilayah Tamansari sangat luas sekali. Dengan demikian kita ingatkan agar warga memanfaatkan lahannya dengan tanaman yang bermanfaat," katanya. (nsa)


sumedang

Berita Terkait