SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE – Bahan baku di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede melimpah seperti bamboo dan kayu dengan kualitas tinggi. Bahan baku bisa dijadikan sebuah produk jadi atau setengah jadi. Sayangnya, ketersediaan bahan baku belum dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku usaha karena masih minimnya SDM di desa ini. Baik dari segi kemampuan dan motivasi.

“Saya rasa kita mampu menciptakan peluang usaha dari bahan baku yang banyak ditemui di daerah," ujar Kepala Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Cecep Suryana, Selasa (8/10/2019).

Selain kendala itu, pemerintah desa juga membutuhkan  ketersedian tenaga ahli. Tapi hal itu bisa disiasati dengan cara menggandeng investor atau para ahli usaha untuk bekerja sama dengan pihak desa untuk memikirkan hal itu. Cecep mencontohkan bahan baku yang ada seperti bambu dan kayu bisa

menjadi industri kecil yang dijalankan di daerah  oleh masyarakat desa.

“Bahan baku seperti bambu, itu bisa diproduksi jadi sumpit, tinggal mencari perusahaan tersebut untuk bermitra, kan bukan tidak mungkin bambu-bambu yang melimpah di desa-desa bisa dimanfaatkan, atau paling tidak kita panggil ahli untuk melatih masyarakat desa agar bisa memilik keterampilan yang dimaksud,” katanya.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)