Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKANAK - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Sumedang melalui Balai Benih Ikan (BBI) mulai tahun ini akan mulai memijahkan ikan gurame, sehingga warga Sumedang khususnya petani ikan dipastikan tidak akan kesulitan lagi dalam mendapatkan benih ikan gurame.

Kepala UPTD BBI Sumedang Asep Kurniawan mengatakan pemijahan ikan gurame sudah menjadi program pihak UPTD BBI pada tahun 2024 ini.

Dan untuk tahap awal, pihak BBI Sumedang telah menyiapkan sekitar 30 ekor indukan untuk keperluan pemijahan yang akan dilakukan di BBI kolam Tegalkalong.

"Selama ini memang banyak yang menanyakan ke pihak BBI terkait benih gurame, untuk itulah mulai tahun ini kami mulai memijahkan ikan gurame guna memenuhi kebutuhan masyarakat," jelas Asep, Senin, 15 Juli 2024.

Menurut Asep, selama ini masyarakat mendapatkan benih ikan gurame dari luar daerah dan terkadang juga sulit didapat.

Dengan akan disediakannya benih ikan gurame di BBI, maka diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat Sumedang yang membudidayakan gurame.

Apalagi lanjut Asep secara ekonomis gurame harganya lebih mahal dari jenis ikan lainnya seperti mas, lele ataupun nila.

Lebih lanjut dikatakan Asep budidaya ikan gurame ini mudah dilakukan apalagi kalau dari segi pakan juga lebih murah dibandingkan lele.

"Tentunya kamipun berharap dengan budidaya ikan gurame akan turut meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada gilirannya dapat pula meningkatkan kesejahteraan," tandasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)