BANGBAYANG - Potensi wisata di Desa Bangbayang, Kecamatan Situraja kian mempesona. Sejumlah fasilitas telah dibangun guna menunjang akselerasi pengembangan wisata. Nuansa alam pegunungan yang asri jadi daya tarik wisata di Bangbayang.

"Pemerintah Desa Bangbayang telah membangun semacam pendopo Dewi Candra Wulan. Konon di Bangbayang ada makam Dewi Candara Wulan, Ibu dari Sunan Ampel," ujar Kades Bangbayang, Umar, Sabtu (28/12/2019).

Selain itu, kini Pemdes juga membangun saung-saung peristirahat dari bambu. Untuk beristirahatnya pengunjung ke areal wisata alam.  "Mudah-mudahan dengan berbagai fasilitas yang ada semakin membuat pengunjung betah," katanya.

Umar juga menyebutkan, pengembangan areal wisata di Bangbayang tak hanya dilakukan oleh pihak pemerintah desa tapi bekerjasama dengan pihak pengembang yang pemilik lahan di areal wisata. "Saat ini pihak desa dan para pemikik lahan akan mengembangkan hingga 20 hektare lahan, termasuk di dalamnya berupa pengembangan kebun kopi Samidahyang," katanya.

Salah seorang pengembang wisata Bangbayang Saepulrohman, Spd mengatakan, potensi wisata Bangbayang sangat prospektif. Dalam tempo enam bulan telah terkonsep wisata alam lengkap dengan berbagai penunjang.  "Belum lama ini tempat ini dijadikan wana wisata dan kemping bersama oleh siswa dari salah satu sekolah di Jakarta. Karena disini juga ada tempat camp, ada sungai yang jernih dan tentunya alam yang masih segar," katanya.

Ia menambahkan, konsep wisata Bangbayang akan menjadi tampat wisata yang komplit karena bisa dijadikan tempat riset, edukasi alam, outbond, tadabur alam dan pengembangan perkebunan.  "Ke depannya pengunjung akan bisa memetik kopi sendiri, mengolahnya dan menyeduhnya serta langsung menikmati aroma kopi karena kita juga sudah bisa memproduksi kopi dari Bangbayang ini. Kami berikan nama Kopi Samidahyang yang sudah terjual hingga Jepang," kata Aep.

Aep menyebutkan, kini pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur tingkat kunjungan menunjukan grafik yang meningkat.  "Ini akan mampu menberdayakan warga Bangbayang dalam membangun perekonomiannya," ujarnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)