Bansos Korona dari APBD Sumedang Mulai Disalurkan


Baca juga : Bansos Korona dari APBD Sumedang Mulai Disalurkan


REGOL WETAN - Pemkab Sumedang mulai merealisasikan bantuan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersama perwakilan anggota DPRD Kabupaten Sumedang secara simbolis memberikan bantuan tersebut di Kantor Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Selasa (28/4/2020).

Bupati mengatakan, bantuan yang dibagikan ini untuk 15 ribu KK, yang masuk non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).  "Sekarang yang dibantu sebanyak 15 KK dulu, dananya bersumber dari APBD Kabupaten," kata Dony.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp 500 ribu per KK.  Ada sebanyak 130 ribu KK yang masuk non DTKS di Sumedang. Data tersebut, usulan dari tiap RT dan RW, yang dimasukan ke aplikasi Sapa Warga. "Total semuanya ada 130 ribu KK yang akan mendapat bantuan yang non DTKS. Sekarang yang dibantu sebanyak 15 ribu KK dulu. Nah, sisanya nanti akan mendapat dari tiga pintu bantuan, yakni dari pemerintah pusat, provinsi, dan BLT Dana Desa," ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati meminta semua warga yang belum menerima bantuan, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 agar bersabar menunggu.  Penerima bantuan, kata Dony, adalah warga terdampak Covid-19, yang hilang pekerjaan dan penghasilan. Sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan makan keluarganya.

"Sebetulnya kami ingin semua dibagikan bersama, namun kami masih menunggu yang dari pusat dan provinsi jadi yang kabupaten lebih dulu disalurkan. Oleh karena itu, yang belum menerima mohon kesabarannya, tunggu, karena akan secepatnya direalisasikan," tuturnya. (rsi)


Bansos PSBB

Berita Terkait