TEGALKALONG - Menindaklanjuti rencana adanya bantuan 5.000 sapi untuk orang terkena dampak  (OTD) Jatigede, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Rabu (26/2/2020) menggelar pertemuan bersama para OTD. Kegiatan yang digelar di aula Kantor Dinas Peternakan Perikanan tersebut turut dihadiri Kadis Peternakan dan Perikanan Ade Guntara, Kabid Peternakan Erwin, perwakilan Bappeda, perwakilan Bagian Ekonomi, para kepala UPT Peternakam Perikanan wilayah OTD dll.

Secara umum dalam pertemuan tersebut para OTD menyatakan siap menerima bantuan sapi dari pemerintah.

Seperti halnya dikatakan salah seorang OTD, Dodi Catra yang mengaku sangat berterimakasih terkait rencana bantuan sapi.  "Bagi saya adanya rencana bantuan sapi ini akan ditetima dengan senang hati, mengingat saya dari kecil juga sudah terbiasa mengurus sapi, jadi adanya bantuan ini akan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya," kata Dodi.

Dijelaskan Dodi, pemberian bantuan sapi bagi OTD harus tepat sasaran, artinya mereka yang diberi adalah yang benar benar mau menerima dan memelihara. "Jadi kalaupun dia OTD tapi tidak suka ternak sapi, ya jangan diberi karena tidak akan bermanfaat," tambahnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ade Guntara berjanji akan melakukan pendataan terlebih dahulu terhadap OTD yang akan menerima bantuan sapi tersebut.  "Kami akan bentuk timnya dan melakukan survey terkait calon penerima dan calon lokasi (CPCL) agar bantuan ini tepat sasaran," jelasnya.

Dijelaskannya untuk bantuan sapi ini diusulkan tahun sekarang dan mudah mudahan bisa segera terealisasi. "5000 sapi bukanlah barang sedikit, jadi pendataan dan penyalurannya harus tepat sasaran," kata Ade. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)