BAPPEDA - Sistem Inovasi Daerah (SIDa) disusun untuk mengakselerasi fokus pembangunan daerah. Bappeda didampingi Tim BPPT melaksanakan penyusunan Road Map Sistem Inovasi Daerah dengan tema Akselerasi Peningkatan Perekonomian Daerah Melalui Transformasi Digital dan Pengembangan Pariwisata.

Tim Penguatan SIDa telah ditetapkan  Bupati Sumedang melalui Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor:050/KEP.485-BAPPPPEDA/2019 tentang Tim Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kabupaten Sumedang. Tim ini sedang melaksanakan Workshop Penyusunan Road Map Sistem Inovasi Daerah bertempat di Bappeda, Kamis (21/11/2019).

Workshop dipimpin  Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Evaluasi Pembangunan, Mulyani Toyibah yang juga Ketua Perekayasa Ahli Madya BPPT) , Ketua TIM pendamping dari BPPT. "Tujuan workshop kali ini adalah untuk menginventarisasi inovasi yang telah dilakukan oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah  pada saat sekarang dan inovasi yang direncanakan akan dilaksanakan sampai dengan tahun 2023," katanya.

Kegiatan workshop ini merupakan pertemuan kedua dengan tim BPPT, setelah pada pertemuan pertama dilaksanakan Induksi Penguatan Sistem Inovasi Daerah pada tanggal 31 Oktober 2019.  Workshop dihadiri unsur Tim Penguatan Sistem Inovasi Daerah yang terdiri dari lima kelompok kerja yaitu pokja penguatan ekosistem inovasi daerah; pokja pengembangan klaster industri; pokja pengembangan jaringan inovasi; pokja pengembangan teknopreuner; dan pokja pengembangan tematik daerah. Pokja tersebut beranggotakan unsur pemerintah daerah, unsur masyarakat, unsur akademisi, dan stakeholder lainnya. [bpd]

(penerbit: sumedangkab.go.id)