CISITU - Pemerintah Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu sedang menata pendopo di kawasan wisata Batudua.  Kepala Desa Linggajaya Agus Wawan Darmawan menyebutkan penataan mempercantik kawasan Batudua menggunakan bantuan dana CSR salah satu perusahaan BUMN.

"Bantuan dari PLN sangat membantu pihak desa terutama untuk alokasi ke  Badan usaha milik desa (Bumdes) yang fokus mengelola wisata di Batudua," ujar Agus, Jumat (29/11/2019).

Dengan adanya bantuan  itu, setidaknya pihak bumdes bisa melakukan penataan sedikit demi sedikit untuk meningkatkan daya tarik wisata unggulan di Kecamatan Cisitu. "Kepedulian PLN merupakan suatu hal yang menurut kami sangat berarti, sebab dengan adanya bantuan itu pendopo di kawasan wisata Batudua bisa ditata," kata dia.

Menurutnya, prioritas penataan wisata Batudua, menjadi fokus Pemdes Linggajaya. Sebab kawasan Batudua kini tak hanya sebagai tempat take off olahraga paralayang melainkan tempat wisata unggulan di Sumedang. "Gairah ekonomi dari Batudua begitu tinggi. Kami kembangkangkan terus menerus kawasan Batudua," katanya.

Dikatakan, pendopo yang saat ini tengah dilakukan penataan, akan dikemas seunik mungkin. Bahkan, ada hiasan bambu yang dikonsep sedemikian rupa sehingga ada nilai budayanya. "Di pendopo itu kita sudah kemas ada barisan bambu yang akan dikonsep seunik mungkin,"katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)