SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Sumedang terus berkiprah dalam membantu program pemerintah bidang pengentasan kemiskinan. 

Belum lama ini, BAZNas Sumedang menyerahkan bantuan modal kepada Kelompok Usaha Kecil Terpadu (KUKT) Konveksi Mandiri Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal.  Bantuan diserahkan langsung di Kantor BAZNas, oleh Wakil Ketua BAZNas Sumedang, H. Suhara. 

"Melalui bantuan tersebut diharapkan bahwa KUKT dapat bekembang agar mampu meningkatkan taraf kehidupan anggotanya," katanya.

Suhara menuturkan, BAZNas adalah lembaga pengelola zakat yang bertugas dalam melaksanakan penghimpunan, penyaluran dan pemberdayaan zakat. "Sehingga memiliki kepentingan dalam mendukung keberhasilan program usaha kecil ditengah masyarakat," katanya.

Bantuan usaha produktif ini, kata dia, merupakan bentuk nyata dari peran BAZNas dalam mewujudkan pengentasan kemiskinan ditenagh masyarakat. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai. "Mudah-mudahan bantuan berupa uang tunai tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas usaha yang mampu memberikan peningkatan terhadap penghasilan dari setiap anggota kelompok tersebut," katanya.

Ketua Kelompok KUKM Mandiri, Epong Antasih (45) mengatakan, bantuan uang tunai dari BAZNas rencananya akan dibelikan sarana konveksi, berupa lima unit mesin jahit, dan satu unit mesin obras automatik. Saat ini jumlah kelompok berjumlah 10 orang. "Saat ini peralatan sarana konveksi kami belum memadai, sehingga masih menggunakan mesin jahit yang manual. Jadi bantuan ini sangat-sangat membantu buat kelompok kami," katanya.

KUKM Mandiri telah dilatih oleh Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Sumedang, serta telah bekerjasama dengan pengrajin celana jeans di wilayah Kabupaten Majalengka. [agn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)