BAZNas Luncurkan Program Jumat Berkah


Baca juga : Capim BAZNas Sumedang Ikuti Tes Tertulis
Kelompok Pembuat Boneka Desa Nagarawangi Dapat Bantuan Mesin Jahit
Pimpinan dan Ustaz Pondok Pesantren Diberi Insentif


BAZNAS – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Sumedang meluncurkan Program Jumat Berkah di Masjid AL Iklas Pusdai Jalan Kutamaya Sumedang, Jumat (26/6/2020). Dalam program tersebut BAZNas menjalankan program padat karya dengan memberikan upah tunai kepada para pedagang  yang berjualan di lingkungan masjid, untuk menyedikan makanan gratis bagi jamaah Salat Jumat.

"Bayar tunai merupakan salah satu bentuk perhatian BAZNas terhadap masyarakat atau mustahik yang terdampak langsung krisis Covid-19. Dan hari ini ada sebanyak delapan pedagang kaki lima atau UMKM yang diberdayakan," kata Ketua BAZNas Sumedang, Ayi Subhan Hafas.

Tidak hanya menyediakan makanan gratis di lokasi, petugas BAZNas juga mengedukasi jamaah Salat Jumat tentang zakat, infaq dan sedekah. Dengan edukasi tersebut diharapan para jamaah dapat meningkatkan kepedulian sosial di masa sulit, untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung krisis Covid-19.  "Program ini akan dilaksanakan secara kontinyu setiap hari Jumat dengan berkeliling ke masjid-masjid jami yang menyelenggarakan Salat Jumat," katanya.

Salah seorang pedagang batagor, Yayat (58) mengaku sangat terbantu dengan adanya program Jumat Berkah BAZNas Sumedang. Dikatakan, sejak ada aturan masjid dilarang menggelar Salat Jumat pendapatannya berkurang.  "Sejak ada korona semua pedagang di sini komplek Pusdai tidak punya penghasilan, kasihan. Kemudian kami dapat bantuan dari BAZNas berupa uang tunai Rp 1,5 juta, Alhamduillah sangat terbantu buat modal dagang, sekarang saya juga bisa bayar infaq," katanya. (rsi)


BAZNas, Boneka, Bantuan

Berita Terkait