SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Para pedagang kecil yang masuk kategori mustahik akan diajak kerjasama oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Provinsi Jawa Barat untuk membantu dalam penyaluran sembako dan pengadaan nasi bungkus untuk dibagikan ke kaum mustahik.

Salah seorang fasilitator/relawan LPEM (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik) BAZnas Provinsi Jawa Barat, Riana Kutami Dewi menyebutkan, program BAZnas ini akan segera diluncurkan.

Menurut Riana yang juga merupakan warga Kecamatan Wado, program yang akan dilaksanakan pada saat ini adalah pengadaan sembako dan makanan gratis untuk keluarga terdampak Covid-19. Sasaran dan tujuan program tersebut antara lain, memberikan sembako dan makan siang gratis bagi mustahik, karena penghasilan yang

menurun atau menjadi tidak berpenghasilan dampak Covid-19, memastikan Mustahik tercukupi kebutuhan pangannya ditengah kondisi seperti ini.

Kemudian menambah omset warung kelontong dan warung makan karena Dampak Covid-19, menjadikan program mempunyai nilai multi-efek bagi mustahik, warung kelontong, dan warung makan

"Program ini juga mudah-mudahan dapat menjangkau mustahik diberbagai kota/kabupaten di Jawa Barat," ucapnya, Minggu (10/5/2020).

Selanjutnya untuk sasaran bantuan, kata dia,diantaranya pekerja harian atau mustahik terdampak Covid-19 seperti pedagang keliling, tukang becak, pemulung, tukang ojek online/offline, pedagang kaki lima, tukang service, tukang parkir dan lain-lain.

"Jadi nanti yang menyediakan paket bantuan itu ya pedagang kecil yang telah ditunjuk dan diberikan modal oleh pihak BAZNas. Untuk pembagian bantuan sembako dan nasi bungkus akan menggunakan kupon," ujarnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)