BAZNAS - Ketua BAZNas Kabupaten Sumedang, Ayi Subhan Hafas mengatakan, kunci untuk mengejar target zakat profesi dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumedang adalah kepercayaan kepada BAZNas. Sejauh mana BAZNas Sumedang bisa mendistribusikan dana zakat yang dititipkan para muzaki.

Untuk mendapatkan kepercayaan itu pihaknya melakukan berbagai upaya.  "Kami berupaya melakukan pemberdayaan yang memang terasa manfaat dan dampaknya. Sehingga bakal muncul sebuah kepercayaan dan Insya Allah apa yang kami cita-citakan akan berhasil," kata Ayi, Minggu (4/7/2020).

Untuk saat ini, kata Ayi, program BAZNas Sumedang yang sudah dirasakan dampak dan manfaatnya yakni program Jumat Berkah yang digelar secara rutin di sejumlah masjid.  Dalam program ini pihaknya mengedepankan pembayaran terhadap usaha kecil menengah (UKM). Kemudian, melakukan pembagian makanan kepada warga yang melakukan Salat Jumat. "Ini program cash for work, kepada pengusaha warung nasi, atau pedagang kecil kami kasih. Kami bayar dan makanannya dibagikan ke warga yang Salat Jumat," kata Ayi. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)