GEDUNG NEGARA - Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Dr. Ir Happy Mulya hadir di Sumedang untuk sosialisasi lanjutan kegiatan Preparation of Cimanuk-Cisanggarung River Basin Flood Management Project in West Java Province and Central Java Province (Persiapan Proyek Penanganan Banjir Daerah Aliran Sungai Cimanuk Cisanggarung di Jawa Barat dan Jawa Tengah).

Sosialisasi yang mengambil tempat di Ruang Tengah Gedung Negara tersebut dihadiri oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Bambang Rianto, Kepala BPBD Ayi Rusmana, Plt Sekdis PUPR Rd. Sony N, dan perwakilan dari Bappppeda Kabupaten Sumedang.

Bupati mengucapkan terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan oleh BBWS untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang terkait rencana penanggulangan sungai Cimanuk Cisanggarung. "Berkaitan dengan penanganan banjir hulu sampai hilir, diantaranya kami sudah melakukan reboisasi. Tahun ini kami juga menanam 1 juta pohon di daerah Sumedang. Ini merupakan ikhtiar dari kami untuk menangani banjir. Oleh karena itu, daerah Sungai Cipeles ini kalau bisa batas-batasannya bisa jelas lagi," ujar Bupati.

Bupati berpesan kepada para Camat, Lurah, Kades, dan ketua RT/RW untuk menjadi bagian upaya pemeliharaan sungai. "Apabila ada bangunan liar yang dekat dengan sungai karena berpotensi banjir dan longsor segera tindak," katanya.

Bupati berharap ke depan DED terkait dengan penataan Sungai Cipeles agar segera dibuatkan sehingga Sungai Cipeles mampu menjadi wisata wahana air di Kabupaten Sumedang. (hms/vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)