Bendungan Jatigede Potensial untuk Olahraga Dayung


Baca juga : HUT Polairud Digelar di Cisema
Bendungan Jatigede Potensial untuk Olahraga Dayung


CISEMA - Ketua Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Kabupaten Sumedang, Sandy Prasasti menyebut wilayah perairan Bendungan  Jatigede sangat potensial dijadikan tempat kejuaraan olahraga dayung.

Hal tersebut dikatakan Sandy saat kegiatan Lomba Dayung Sampan tingkat Jawa Barat, memperingati Hari Jadi ke-69 Korps Polairud di objek wisata Cisema, Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, Minggu (1/12/2019).

“Perairan Bendungan  Jatigede ini sangat bagus. Dan gayung bersambut, kami diajak Polres Sumedang untuk menggelar lomba dayung di sini," kata Sandi.

Menurutnya, faktor yang mendukung diselenggarakannya lomba dayung di perairan Jatigede diantaranya ombak di permukaan air yang tidak besar. Pendukung lainnya, adalah pemandangan indah di sekitar bendungan.  "(PODSI) Pengprov Jawa Barat sebetulnya sangat antusias melihat Jatigede, melihat Sumedang dengan potensi yang sangat bagus," katanya.

Kedepan, Ia berharap diadakan event bertaraf nasional, bahkan internasional di perairan Bendungan Jatigede.  Dikatakan, saat ini, PODSI Sumedang sendiri memiliki 2 tim perahu naga, sejumlah atlet kayak, kano, dan slalom. "Kegiatan ini juga kita sambil mencari potensi atlet-atlet lokal," ujarnya.

Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, dengan adanya lomba dayung tingkat Jawa Barat ini memantik Pemkab Sumedang mengadakan lomba dayung tingkat nasional dan internasional di perairan Jatigede.

"Kegiatan (lomba dayung) ini menginspirasi kami, memotivasi kami, tahun depan untuk mengadakan lomba dayung sampan, dan lomba kano tingkat nasional, bahkan internasional," ujarnya.

Selain untuk memantik para atlet dayung lokal potensial, kejuaraan juga mendorong Jatigede sebagai destinasi andalan.  "Dengan event bertaraf internasional juga akan mendorong Sumedang menjadi world class destinastion," katanya. (agn)


Polairud Polres Sumedang, Dayung

Berita Terkait