Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

 

 

 

DISKANAK - Pemerintah Desa Bongkok Kecamatan Paseh mendapat bantuan ratusan calon benih indukan ikan dari Pemkab Sumedang melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak). Ratusan ikan itu ditebar di embung Payeuseupan Desa Bongkok, dihadiri kepala desa, camat, kelompok tani, dan tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman mengatakan, bantuan yang diberikan berupa benih calon indukan ikan nila nirwana 3 sebanyak 400 ekor. Dipilihnya ikan nila nirwana 3 karena varietas tersebut lebih cepat dipanen.

"Ikan nila nirwana ini memiliki keunggulan pada kecepatan pertumbuhannya. Pemeliharaan sejak larva hingga berbobot di atas 650 gram per ekor, dapat dicapai hanya dalam waktu 6 bulan, sementara nila jenis lain belum tentu bisa sebesar itu," kata Nandang, Senin (10/10/2022). 

Nandang berharap, dengan penebaran benih calon indukan ikan nila ini akan menambah budi daya ikan di Kabupaten Sumedang.

"Bantuan sosial dari pak bupati. Mudah-mudahan dengan benih ikan ini, akan menambah budidaya ikan di Kabupaten Sumedang," ujarnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)