Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pemda Kabuapaten Sumedang meminta masyarakat untuk menghias lingkunganya mulai dari mengibarkan bendera merah putih, memasang umbul-umbul di sepanjang ruas jalan dan membuat gapura dengan bentuk yang unik dalam memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Instansi pemerintah maupun swasta juga diimbau menghias lingkungan kerjanya dalam memperingati hari kemerdekaan tahun 2024 dengan tema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

"Kami ingin SKPD mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak, memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya ditiap kantornya untuk mencerminkan kemeriahan HUT Kemerdekaan RI," ujar Plh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dikdik Syeh Rizky yang memimpin rapat persiapan peringatan HUT RI ini di Ruang Rapat Cakrabuana Setda, Senin (8/7/2024).

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda M Yusup Sahrulloh menyebutkan, Pemda Kabupaten Sumedang juga menyiapkan beberapa agenda untuk peringatan hari kemerdekaa tahun 2024 ini. Tanggal 13 Agustus 2024 akan dilaksanakan Pelantikan Anggota DPRD Periode 2024-2029 dan pada 15 Agustus 2024 akan ada pengukuhan Paskibraka.

"Untuk rapat Paripurna DPRD mendengan pidato kenegaraan Presiden RI, Pawai Lampion dan Renungan Suci akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2024 dan pada 17 Agustus akan dilaksanakan Upacara Bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 79 sekaligus Upacara Penurunan Bendera yang dipusatkan di PPS Sumedang, " ujarnya.

Memeriahkan HUT RI ini, rencananya akan digelar pula Sumedang Creative Festival dan Sumedang Investment Summit. Beberapa lomba tradisional yang ditawarkan dalam memperingati HUT RI yang dilombakan antar SKPD. "Untuk pelaksanaan lomba dilaksanakan pada 19-24 Agustus 2024 dengan berbagai lomba diantaranya egrang, layangan, galah, bakiak lomba panjat pinang dan ngagogo balong ," katanya.

Yusup menyebutkan pada peringatan kali ini akan ada Launching Gerakan Revolusi Putih. “Lauching ini akan dilaksanakan gebyar suka makan buah dan sayur, makan ikan, telur, dan minum susu sejak dini dalam upaya hidup sehat dan mencerdaskan anak bangsa yang akan dilakukan bersama ribuan anak sekolah sekaligus lomba membuat pepes ikan di Pusat Pemerintahan Sumedang," katanya

Terkait pelaksanaan pawai pembangunan khususnya untuk wilayah kota yaitu Sumedang Utara dan Sumedang Selatan masih menunggu informasi dari kedua kecamatan tersebut.  [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)