SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Dinas Perhubungan berencana memasang median jalan pada jalur satu arah atau one way mulai dari Perempatan Ojolali sampai dengan Taman Endog di kawasan pasar kota. Rencana ini seiring dengan adanya upaya untuk membuat permanen jalan satu arah tersebut.

“Dinas Perhubungan berencana mengajukan usul agar jalan tersebut dipermanenkan mempergunakan  median atau pulau jalan. Pemasangan median disesuaikan dengan badan jalan,” kata Kepala Bidang Teknik Sarana Transportasi Dedi Supriadi, Kamis (30/1/2020).

Menurut Dedi, ruas jalan  yang sudah diajukan untuk dipasang median mulai  dari Ojolali sampai dengan Taman Endog sepanjang 700 meter. Pemasangan median jalan tersebut harus disesuaikan dengan badan jalan atau dilebarkan kiri dan kanan masing-masing satu meter.

Selain pengusulan median jalan juga Dinas Perhubungan telah mengajukan penambahan rambu lalu lintas. Rambu yang diperlukan masing-masing rambu petunjuk  arah (RPJ) sebanyak 5 unit, lampu standar titik, lampu operhead serta lampu larangan berhenti.

Dengan pemasangan lampu tersebut, masyarakat pengguna jalan dari berbagai arah tidak akan kebingungan serta memperhatikan  rambu lalu lintas tersebut. Rambu lalu lintas itu benar-benar sangat diperlukan agar para pengguna jalan tidak perlu lagi bertanya tentang adanya jalur one way tersebut.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)