Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BANDUNG - Pemerintah Kabupaten Sumedang meraih penghargaan detikJabar Awards 2024, atas keberhasilan mengentaskan angka kemiskinan ekstrem dalam beberapa tahun ini. 

Dalam acara yang digelar di Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Rabu 17 Juli tersebut, Pemkab Sumedang mendapatkan anugerah Program Ekonomi Terpuji dengan Kategori Pengentasan Kemiskinan Ekstrem. 

Adapun piala penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik), Bambang Rianto, yang mewakili Pj Bupati Yudia Ramli.

"Saya mewakili Pemkab Sumedang dan pak Pj Bupati menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan detikJabar kepada Pemkab Sumedang," ujar Bambang.

Dikatakan, Pemkab Sumedang telah memiliki gugus tugas untuk mengatasi masalah kemiskinan ekstrem. Gugus tugas ini dilakukan pada seluruh OPD hingga ke tingkat Kecamatan dan Desa.

"Kami sudah memiliki gugus tugas dalam hal ini demi memberantas kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sumedang. Jadi semua bergerak dari tingkat atas hingga camat dan kades itu bergerak," katanya.

Ia menggambarkan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Sumedang pihaknya telah menggandeng pihak lain seperti BazNas Sumedang. Salah satu program yang telah dicanangkan yakni memberikan kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS).

"Upaya kami satu lagi yaitu adanya program pemberian kartu menangkal kemiskinan atau Kartu TANGKIS. Kartu TANGKIS ini kami salurkan kepada masyarakat yang dianggap membutuhkan bantuan, ini merupakan kerjasama kita bersama dengan BAZNas dan tentunya Forkopimda Sumedang," ujarnya.

detikJabar Awards 2024 adalah sebuah ajang penghargaan untuk figur, komunitas dan program di Jawa Barat yang inspiratif, inovatif, kreatif serta berprestasi dan memberikan dampak pada masyarakat di Jawa Barat.

Total ada 23 penerima penghargaan yang terbagi ke dalam 5 kategori anugerah di detikJabar Awards 2024, yakni Anugerah Figur Akselerator Kemajuan, Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji, Anugerah Program Ekonomi Terpuji, Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan, dan penghargaan pengabdian seumur hidup yakni Anugerah Adiluhung.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)