SUMEDANGKAB.GO.ID, Cimalaka- Kecamatan Cimalaka mengadakan penanaman pohon di lahan Gunung Tampomas. Menurut Camat Cimalaka Asep Dahlan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai bukti gerakan peduli Tampomas.Selain itu juga sebagai upaya untuk memulihkan lahan demi masa depan.

“Menanam pohon merupakan bentuk ikhtiar dalam menyelesaikan masalah lingkungan, seperti longsor banjir dan berkurangnya sumber mata air,” kata Asep Dahlan, di Cipadayungan, Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka,Rabu (8/1/2020).

Kegiatan penanaman ini juga dihadiri Wakapolres Sumedang Kompol Erwin dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Cimalaka.

Menurut Asep, penanaman saat ini akan dilakukan pada lahan seluas 2 hektar. Lahan akan ditanami 2000 pohon dengan berbagai jenis tanaman diantaranya pohon pala, dan buah-buahan. Penanaman pohon ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan namun hasil tanamannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Setiap minggunya akan dilakukan penanaman dibeberapa titik galian C di kecamatan Cimalaka, sepert Citimun, Licin, Cibeureum Kulon, dan Cibeureum Wetan.

"Dari 2000 pohon akan ditanam di luas tanah sekitar 2 hektar, ini langkah awal sebagai antisipasi bencana. Bersih lingkungannya, manfaat hasil tanamannya bagi masyarakat," ujar Asep.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)