Bidan Desa Latih Kader Posyandu Desa Cibeureum Kulon


Baca juga : Bidan Desa Latih Kader Posyandu Desa Cibeureum Kulon


SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA - Bidan desa melatih para kader  posyandu di Desa Cibeureum Kulon,  Rabu (6/11/2019). Salah satu materi yang diberikan adalah tentang pentingnya memberikan makanan yang tepat waktu dan dan tepat jenis pada bayi usia 6-24 bulan. Menurut Bidang Desa Siti Mardiani AMd, makanan yang terlalu dini diberikam kepada bayi dan tidak tepat mengakibatkan banyak anak justru menderita kurang gizi. 
"Setiap keluarga yang mempunyai bayi dan anak usia 6-24 bulan hendaknya mempunyai pengetahuan tentang Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), agar mampu memberikan ASI ekslusif dan menyiapkan MP-ASI yang sesuai di masing-masing keluarga," kata Siti.
Dalam pelatihan sekaligus Pendampingan Bidan Desa ini juga menginformasikan bahwa peran kader posyandu sangat penting, terutama dalam mendampingi masyarakat yang memiliki anak usia 6-24 bulan untuk memberikan arahan dalam pemberian makan terhadap anak.
Pasalnya kurangnya pengetahuan tentang pemberian makanan terhadap bayi berpengaruh terhadap angka penderita kurang gizi anak.
Bidan Siti menambahkan bahwa pemantauan pertumbuhan harus dilakukan sejak lahir secara rutin dan berkesinambungan.
"Seorang kader harus memantau pertumbuhan sejak lahir secara rutin dan berkesinambungan mendampingi ibu dan memberikan arahan mengenai pemberian makanan terhadap bayi," tambahnya.***(rtn)


Cibeureum kulon, posyandu

Berita Terkait