Bidan Harus Mampu Mengedukasi Masyarakat,


Baca juga : Kunjungan Kerja DPRD & DPUPR Kabupaten Serang
Bidan Harus Mampu Mengedukasi Masyarakat,
Kadisdik Ajak Peran Serta PAUD untuk Cegah Stunting


AULA TAMPOMAS - Musyawarah Cabang (Muscab)  Ikatan Bidan Indonesia (IBI)  Kabupaten Sumedang digelar di Aula Tampomas IPP, Sabtu (8/2/2020).  Kegiatan dihadiri oleh ketua Cabang Sumedang Ikatan Bidan periode 2013 - 2018 Raharja Ratna Wulan, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan pengurus Ikatan Bidan Sumedang.

Rahara Ratna menyampaikan harapan bahwa hasil evaluasi kepengurusan dapat mendapatkan titik tengah dalam menyelesaikan setiap masalah kesehatan masyarakat yang masih tinggi seperti kematian ibu dan bayi, serta masih tingginya angkat stunting di Sumedang.  “Pergantian kepengurusan sekaligus evaluasi program kerja dalam mengurangi angkat kematian ibu dan bayi saat melahirkan, serta harus mampu menurunkan angka stunting," ujar Ratna.

Bidan harus mampu membantu program pemerintah dalam mengedukasi masyarakat mengenai pemahaman reproduksi dengan memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. "Bidan yang tersebar di setiap desa harus mampu mengedukasi masyarakat, memberikan pelayanan terbaik, kepengurusan baru harus mampu mengurus anggotanya dalam menjalankan program tersebut," katanya.

Bidan Ratna juga mengharap bahwa legalitas bidan yang masih dalam tahap proses jangan menjadi bantu sandungan untuk melayani masyarakat dengan baik. "Surat tanda registrasi (STR) bidan merupakan legalitas, pencetakannya memang lama, itu yang membuat program kepengurusan selama ini masih terhambat," ujarnya. (rsi)


Bidan, Muscab, Stunting

Berita Terkait