KOTA - Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Parawisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang  bekerjasama dengan komunitas Sumedang Photografer menggelar lomba foto nasional Sumedang dalam lensa. Tema foto yang dilombakan antara lain, potensi wisata Sumedang, 16 sub sektor ekonomi kreatif, human interest, landmark Sumedang serta seni dan kebudayaan. "Kami panitia sudah mulai menerima foto peserta lomba. Batas waktu pengiriman foto berakhir pada 31 Oktober 2020," ujar ketua panitia, Febby Fabianto, Selasa (13/10/2020).

Ia menjelaskan, untuk peserta lomba tak hanya untuk warga Sumedang tapi bisa diikuti warga luar Sumedang asal fotonya berisikan konten di wilayah Sumedang. Sedangkan untuk kategori lomba akan dibagi dua kategori,yakni kategori foto kamera DSLR atau Mirrorless dan kategori foto drone. "Masing-masing peserta wajib mengirim 5 foto hasil karya sendiri dan tidak boleh dilakukan pengeditan kecuali pencerahan, kontras, saturasi dan kroping," katanya.

Panitia menyiapkan uang penghargaan sejumlah Rp 40 juta bagi pemenang. Adapun nominal untuk juara antara lain, untuk kategori foto DLSR/mirrorles, juara 1 berhak mendapat hadiah Rp 10 juta +sertifikat, juara 2, Rp. 7 juta+ sertifikat dan juara 3, Rp. 4 juta +sertifikat. Sedangkan untuk kategori foto drone, juara 1, Rp. 6 juta+sertifikat, juara 2, Rp. 4 juta + sertifikat dan juara 3, Rp. 2 juta + sertifikat.  "Kami juga akan berikan hadiah buat foto favorit," katanya.

Ia menambahkan, foto yang dikirim peserta akan di kurasi oleh juri secara ketat. Sebab juri yang akan dihadirkan adalah sosok fotografer senior nasional. "Lomba foto ini bertujuan agar berbagai potensi yang ada di Sumedang bisa tereksplor dalam sebuah frame foto. Tentunya untuk promosi Sumedang ke tingkat nasional dan dunia," katanya.

Peserta terlebih dahulu mendaftar ke https://bit.ly/LFNSUMEDANG2020. Kemudian untuk informasi perysaratan bisa mengakses di akun instagram resmi lomba foto di @lfn_sumedang. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)