Penulis Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

BPBD - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mengapresiasi masyarakat sekitar kawasan Tahura Palasari yang telah berperan aktif dalam pembuatan sekat bakar di kawasan Tahura Palasari.

Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Adang mengatakan, tak kurang dati 70 personil tetlibat dalam pembuatan sekat bakar di Tahura Palasari pada Kamis (4/8/2022). Mereka merupakan gabungan dari BPBD Sumedang, DLHK dan juga masyarakat sekitar Tahura Palasari. "Alhamdulilah respon masyarakat sekitar terutama mereka penggarap lahan sangat antusias dalam. kut serta pembuatan sekat bakar ini," jelas Adang, Jumat (5/8/2022).

Diakui Adang, antisipasi bencana dalam hal ini kebakaran hutan dan lahan memang bukan hanya tanggungjawab pemerintah tetapi tanggungjawab bersama termasuk elemen masyarakat. Petugas dari BPBD, DLHK dan juga masyarakat sekitar secara bahu membahu membuat sekat bakar tanpa kenal lelah.
Adapun sekat bakar yang dibuat di Tahura Palasari memiliki panjang sekitar 3 km mengelilingi areal Tahura dan juga jalur tengah sepanjang kurang lebih 1 km dengan lebar sekat kurang lebih 3 meter. "Sekat bakar ini merupakan salah satu mitigasi bencana dalam rangka antisifasi kebakaran hutan dan lahan, dan kalaupun terjadi kebakaran hutan maka api tidak akan menyebar ke lahan yang lebih luas," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)