Reporter : N Sutisna  I Editor : Deddi Rustandi

REGOL - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana menghimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana mulai memasuki musim penghujan.  Berdasar informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bulan November diprediksi awal musim hujan.

Ia mengatakan himbauan tersebut sudah disampaikan ke setiap camat hingga masing-masing kepala desa di Kabupaten Sumedang.  "Sesuai arahan Pak Bupati melalui surat edaran kepada para camat dan SKPD terkait, bahwa kita harus waspada dan melalukan pencegahan dini terhadap potensi bencana seperti longsor banjir dan tanah retak," ujar Ayi, Senin (28/10/2019).

Ia mengatakan dengan tibanya musim hujan masyarakat diajak untuk mengantisipasi hal yang bersifat berpotensi bencana. "Dalam surat edaran  para camat dianjurkan menggiatkan kepada desa untuk diantaranya menggiatkan Gerakan K3 di lingkungan," katanya.

Menurutnya, peningkatan kewaspadaan harus dilakukan oleh seluruh masyarakat, hal itu dilakukan guna memperkecil potensi korban jiwa, maupun korban material.
Potensi bencana di wilayah Sumedang sangat tinggi. Wilayah di Sumedang yang berpotensi bencana diantaranya, Jatigede, Jatinunggal, Cisitu, Sumedang Selatan.

 "Kami juga mendata daerah potensi rawan bencana tersebar di 106 titik se kabupaten  Sumedang yang perlu diwaspadai," katanya.[]

(penerbit: sumedangkab.go.id)