Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

KEBONJATI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang bersama warga, TNI, dan Polri, melakukan penanganan dampak angin kencang di Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara. Akibat sapuan angin kencang Selasa (24/1/2023), 4 unit bangunan di dua dusun rusak karena tertimpa pohon-pohon yang tumbang.

Kasie Darlog BPBD Kabupaten Sumedang, Asep Ramdani mengatakan, pihaknya mencatat 3 unit rumah dan 1 bengkel rusak tertimpa pohon. "Dua rumah rusak di Dusun Giriharja, salah satunya harus dirobohkan karena rusak berat. Kemudian di Dusun Cipulus 1 rumah dan 1 bengkel rusak ringan," kata Asep.

Penanganan dilakukan dengan cara memotong batang-batang pohon menjadi ukuran kecil. Atas kejadian tersebut, BPBD menghimbau warga agar selalu waspada bencana alam. Sebab cuaca ekstrim diprediksi masih akan terjadi hingga bulan Maret.

Warga yang rumahnya terdampak, Iim Supomo (62) menuturkan, sebelumnya Dusun Giriharja diguyur hujan deras sejak Selasa sore. Baru sekitar pukul 16.30, angin kencang melanda permukiman penduduk. "Saya sedang di depan rumah, tiba-tiba itu ada angin kencang. Pohon-pohon langsung pada tumbang. Rumah saya rusak tertimpa pohon Tisuk. Tapi semua keluarga alhamdulilah selamat," kata Iim, Rabu (25/1/2023). [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)