SUMEDANGKAB.GO.ID, BPJS Kesehatan Cabang Sumedang pun turut memberikan bantuan berupa sembako kepada pengayuh becak, dan pedagang kaki lima di wilayah Sumedang Kota. Upaya tersebut sebagai bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap seluruh masyarakat yang terkena dampak  ekonomi akibat mewabahnya virus korona.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan Cabang Sumedang melakukan kegiatan galang dana yang dilakukan oleh duta BPJS Kesehatan. Dana yang telah terkumpul kemudian disalurkan dalam bentuk sembako kepada masyarakat yang mata pencahariannya terhenti akibat pandemi Covid-19

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh seluruh Duta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang, ini merupakan bentuk kepedulian, solidaritas dan semangat gotong royong kami dalam membantu sesama. Kegiatan ini murni dari hasil penggalangan dana yang dikumpulkan dari para Duta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang," ujar Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Erik Rachmat Setiana, Senin (6/4/2020).

Erik mengatakan, wabah virus corona atau covid 19 yang yang akhir-akhir ini sudah menyebar hampir ke seluruh pelosok wilayah Indonesia tak terkecuali wilayah Sumedang. Kondisi ini membuat masyarakat yang memiliki rutinitas di luar terhambat dan terpaksa tidak dapat melakukan aktifitasnya untuk sementara waktu. Untuk itu kepedulian yang dikakukan oleh BPJS Kesehatan Sumedang diharapkan bisa membantu kesulitan yang dialami masyarakat.

"Dana yang terkumpul sudah disalurkan dalam bentuk sembako,berupa beras, mie instan, dan telur. Kemudian sembako tersebut disalurkan kepada masyarakat yang betul-betul membutuh terutama bagi mereka yang pencarian nafkahnya yang berkutat di jalan seperti tukang becak dan pedagang kaki lima," tuturnya.

Duta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang juga melakukan penggalangan dana Wakaf Al-quran untuk Masjid Agung Sumedang dengan memberikan sebanyak 52 Al-quran serta penggalangan dana untuk pembelian APD (Alat Pelindung Diri) yang mana dana tersebut disalurkan ke Rumah Sakit Pakuwon.

Salah satu pengayuh becak di Jalan Kartini, Ade (60), merasa senang dengan adanya bantuan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sumedang.

“Saya sangat senang dan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari BPJS Kesehatan berupa sembako karena penghasilan saya tidak menentu, karena kini sangat jarang penumpang malah hampir tidak ada orang yang keluar sehingga saya sangat terasa dampak dari wabah ini,”.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)