SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU – Pemerintah Desa Linggajaya membuat 5000 buah masker untuk dibagikan gratis ke seluruh warga. Pembuatan masker dilakukan oleh perajin setempat yang biasa menggarap produk konveksi dan jahit-menjahit.

“Kami membuat 5000 masker melalui tim penggerak PKK yang melibatkan perajin setempat untuk memberdayakannya,” kata Kepala Desa Linggajaya Agus Darmawan, Selasa (21/4/2020).

Menurut Agus, pembuatan masker ini guna mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus korona. Desa yang sudah dihimbau untuk membuat gugus tugas penanganan korona selanjutnya memproduksi masker untuk dipakai warga.

Pembagian masker ini juga dilakukan dengan memberikan sosialisasi pentingnya menggunakan masker di tengah wabah korona. Masker dibagikan secara simbolis kepada seluruh RW.

Agus menambahkan, pihaknya melibatkan perajin setempat agare dana desa yang menjadi sumber pembuatan masker ini dapat pula dirasakan oleh masyarakat secara langsung melalui produksi masker. Agus berharap, dana desa dapat berputar di tengah masyarakat desanya sendiri dengan berbagai cara sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)