CISITU - Camat Cisitu Arry Kusnadi mengajak para kepala desa dan pelaku ekonomi kreatif melakukan penguatan usaha rumahan. Tumbuhnya usaha rumahan akan menguatkan UMKM dan tentunya akan menopang tumbuhnya BUMdes di desa masing-masing. "BUMDes jangan hanya sebatas hanya didirikan tapi harus rajin membidik peluang usaha. Salah satunya usaha rumahan yang bisa menghasilkan," ujar Arry, Kamis (27/2/2020).

Menurutnya, para kades harus mau progresif mencari peluang-peluang usaha warganya. Para kades bisa bekerjasama dengan para pelaku ekonomi kreatif untuk membangun peluang UMKM. "Banyak cara untuk mengembangkan UMKM sebagai penguatan BUMdes. Tinggal mau tekun dan ulet," katanya.

Di sisi lain,tambah Arry, masyarakat desa juga harus diberikan pemahaman terkait keberadaan BUDMdes. “Agar keberlangsungan BUMdes bisa diberdayakan oleh masyarakat itu sendiri,” katanya.

Ia menggambarkan, banyak usaha rumahan yang bisa dikembangkan, seperti kerajinan wide (kerai bambu) di Desa Sundamekar, berbagai produk anyaman bambu di Desa Cigintung dan Linggajaya, panganan olahan di masing-masing desa. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)