SITURAJA -  Untuk  menunjang pengembangan usaha berbasis teknologi informasi, BUMDes Sugih Mukti, Desa Situraja Utara membuat aplikasi market place. Aplikasi ini sudah bisa diunduh di play store.

Ketua BUMdes Sugih Mukti, Dadan Ramadan menyebutkan, aplikasi tersebut dibuat sendiri oleh tim BUMDes Sugih Mukti.  "Dari aplikasi tersebut kami bisa mempromosikan berbagai jenis usaha, promo produk serta penjualan secara online. Kini sudah berjalan dan banyak yang menginstal aplikasi itu," ujar Dadan, Jumat ( 29/5/2020).

Apilkasi market place, kata dia, mampu mengakomodir dan menjadi wadah sarana penjual PKL,  jasa servis, jual beli barang bekas, jasa kurir yang siap melayani pengguna jasa dengan cara online.  Dadan menambahkan, aplikasi BUMDes Sugih Mukti merupakan bagian dari inovasi pengambangan usaha secara digital. Karena bisa mempermudah akses penjualan produk secara global.  "Lebih jauhnya produk lokal desa bisa berdaya saing dengan produk atau brand lainnya," katanya.

Dadan menyebutkan, nilai keuntungan dari aplikasi market place tersebut sudah dirasakan oleh BUMDes Sugih Mukti berupa prosentase hasil penjualan. "Kami berharap aplikasi ini bisa diakses tak hanya oleh luang lingkup Situraja saja tapi ke depan bisa dijadikan wadah transaksi BUMDes di seluruh Kabupaten Sumedang," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)