SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA- BUMDes Sugih Mukti Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja berhasil lolos dalam seleksi Desa Brilian tingkat Jawa Barat.

Menurut Camat Situraja, Sutisna, ada 14 desa dari Jawa Barat mewakili program desa berlian ke tingkat nasional. Program Desa Brilian harus memenuhi beberapa unsur, antara lain, adanya BUMDes yang aktif, digitalisasi ekonomi desa, inovasi untuk layanan publik atau peningkatan ekonomi, kepemimpinan dan kekompakan warga serta ketahanan dan keberlanjutan. Programini diinisiasi Kementrian Desa bekerjasama dengan BRI ini akan menilai desa-desa di seluruh Indonesia yang dianggap tanggap, tangguh, serta melakukinian inovasi meski di tengah pandemi virus Corona (covid-19).

"Semoga kami bisa menjadikan kabupaten Sumedang dan Jabar juara melalui BUMDes dalam program desa berlian," kata Camat Situaraja, Sutisna, Jumat (6/11/2020).

Desa -desa yang terpilih akan mengikuti program inkubasi brincubator goes to desa brilian dari bulan September -November 2020 yang dilakukan secara virtual.

"Kami berharap BUMDes Sugih Mukti bisa menjadi yang terbaik," katanya.

Adapun data daftar desa yang lolos seleksi antara lain, Desa Mirat, Leuwimunding, Majalengka, Desa Gempokolot, Banyusari, Karawang, Desa Cipayung, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Desa Cisayong, Cisayong, Kab Tasikmalaya, Desa Ujunggebang, Suka, Indramayu, Desa Ciptaharja, Cipatat,Bandung Barat, Desa Cibeureum,Kertasari, Kab. Bandung, Desa Ambulu,Losari, Kab. Cirebon.

Kemudian Desa Nanggerang, Cigalontang, Tasikmalaya, Desa Sukalaksana, Samarang,Garut, Desa Cupunagara, Cisalak, Subang, Desa Sukaratu, Banyuresmi, Garut, Desa Kertayasa, Cijulang, Pangandaran dan Desa Situraja Utara, Situraja, Sumedang.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)