MEKARJAYA - Memasuki tahun kedua sejak didirikan pada akhir tahun 2018, Bumdes Sugih Mukti Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara kini telah mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes)

Menurut Direktur Bumdes Sugih Mukti Desa Mekarjaya Cahya ada tiga unit usaha yang dikembangkan Bumdes Sugih Mukti yaitu mebeuleur, penangkaran bubit tanaman perkebunan dan kehutanan dan penyaluran air bersih. "Memasuki tahun kedua, Bumdes Sugih Mukti sudah bisa menyumbang PADes sebesar Rp 2 juta," kata Cahya, Selasa (4/8/2020).

Dikatakan Cahya diawal pendirianya Bumdes Sugih Mukti mendapatkan bantuan modal dari pemerintah desa Mekarjaya sebesar Rp 50 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD) Desa Mekarjaya untuk kegiatan usaha. “Dipilihnya tiga unit usaha sebagaii awal beroperasinya Bumdes disesuaikan dengan potensi yang ada di Desa Mekarjaya,” katanya.

Khusus untuk penyaluran air bersih, lanjut Cahya, saat ini masih terbatas konsumennya hal ini di sesuaikan dengan ketersedian sumber air dimana ada dua sumur yang dimanfaatkan.  "Hingga saat ini baru ada sekitar 100 konsumen yang berada di RW 03 dan RW 05 dan di utamakan bagi warga yang memang mengalami kesulitan akan air bersih," jelasnya.

Untuk unit usaha ke depannya Bumdes Sugih Mukti juga akan melakukan pengembangan terutama untuk lebih memberdayaan keberadaan UMKM yang ada di Desa Mekarjaya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)