BUMDes Sukamenak Rintis Desa Wisata


Baca juga : Pemkab Sumedang MoU dengan NHI Bandung Bangun Ekosistem Parawisata
Wabub Ajak Anak Sekolah Tanam Pohon
Cisema Terus Melejit Berkat Kampung Buricak Burinong
Lahan Kosong di Jalan Lingkar Timur Jatigede Menggoda Investor
KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun


DARMARAJA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja sedang  merintis terwujudnya desa wisata. Sejumlah potensi kini sudah di inventarisir oleh Bumdes dan masyarakat setempat.

Wakil Ketua BUMDes Sukamenak, Sansan Setiawan menyebutkan, untuk terwujudnya sebuah desa wisata, terlebih dahulu harus ada motivasi semua masyarakat desa dalam mendukung konsep yang disiapkan. Semangat masyarakat akan jadi modal utama untuk merintis mewujudkan konsep desa wisata.  "Kami punya potensi secara geografis karena dua pertiga wilayah kami bersinggungan langsung dengan pantai perairan bendungan. Kondisi seperti ini modal bagi kami bagaimana bisa mengeksplorasi keindahan wilayah kami," ujar Sansan, Rabu (5/8/2020).

Sansan menambahkan, antusiasme masyarakat Sukamenak begitu tinggi untuk menuju desa wisata. Salah satu kekompakan masyarakat sebagai bukti dukungan agar bisa menjadi desa wisata dengan membangun gapura julang ngapak dari bahan bambu di setiap gang pemukiman. "Ini wujud semangat masyarakat kami dalam mendukung rintisan desa wisata," katanya.

Guna mewujudkan desa wisata, kata Sansan, Bumdes akan memanfaatkan berbagai potensi, diantaranya, mengembangkan Pasir Mencelut salah satu bukit yang bisa melihat semua area perairan bendungan. Kemudian mengembangkan UMKM kerajinan anyaman bambu dan menyiapkan sanggar seni tradisional sunda. "Konsep-konsep ini sudah kami siapkan termasuk membentuk kompepar (kelompok penggerak parawisata) Desa Sukamenak," katanya. (nsa)


Wisata, Cisema, Buricak Burinong, Jalan, Jatigede

Berita Terkait