SITURAJA - Pemerintah Desa Bangbayang, Kecamatan Situraja mengucurkan dana untuk penyertaan modal BUMDesa senilai Rp 50 juta.

Kepala Desa Bangbayang, Umar mengatakan, penyertaan modal tersebut agar dipergunakan untuk kepentingan usaha BUMdesa di Bangbayang.  "Kami sudah secara simbolis menyerahkan anggaran penyertaan modal terhadap BUMDesa belum lama ini. Mudah-mudahan dengan didukung permodalan usaha untuk memberdayakan warga bisa tercapai dengan baik," ujar Umar, Senin (4/5/2020).

Menurut Umar BUMDesa Bangbayang membuka usaha grosir kelontongan. Kemudian menampung semua produk UMKM yang ada di Desa Bangbayang seperti sapu uyun, gula aren dan kerajinan anyaman dari bambu lainnya.

Untuk grosir kata dia, diusahakan warung-warung kecil milik masyarakat agar membeli ke grosir BUMDesa sehingga  keberadaan usahanya bisa terdongkrak.  "Nanti bisa diberikan keringanan harga jika belanja di grosir BUMDesa. Perputaran uangnya kan tetap buat masyarakat juga," kata Umar.

Ia juga menyebutkan, BUMDesa akan menjadi tempat promosi produk unggulan UMKM yang dihasilkan warga. Mudah-mudahan semua produksi UMKM warga bisa dipasarkan dengan baik oleh BUMDesa. "Kami dukung penuh keberadaan BUMDesa dengan berbasis pemberdayaan maayarakat," ucapnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)