SUMEDANG.GO.ID, KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengajak bidan mendukung progam Sumedang Simpati. Hal tersebut dikatakan bupati pada peringatan HUT ke-68 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tingkat Sumedang, di Asia Plaza Sumedang, Sabtu (12/10/2019).

"Bidan diharapkan ikut mendukung program Sumedang Simpati, dengan terus berupaya menekan dan menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan angka stunting," katanya.

Ia menuturkan, angka stunting di wilayah Sumedang saat ini mencapai angka 32 persen. Bahkan, kata dia, trennya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, angka kematian pada ibu dan kematian bayi juga terbilang tinggi. "Namun demikian untuk menekan angka itu bukan hanya tugas bidan sendiri, tapi tugas kita semua," katanya.

Lebih jauh, bupati meminta tenaga bidan di Sumedang menjalankan tugasnya dengan niat ibadah. Memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Bupati juga mengajak bidan.

"Berikan senyum, salam, sapa, dan sopan kepada masyarakat. Dengan bekertugas dengan niat ibadah insya Allah dunia dunia 'kasampeur', akherat 'kasampeur'," katanya.

Ketua Pengurus IBI Cabang Sumedang, Ratna Wulan mengaku pihaknya akan terus mewujudkan bidan yang profesional dan berstandar sesuai dengan visi misi IBI.  "Kami prioritaskan dalam organisasi seperti mempersatukan dan meningkatkan persaudaraan antar sesama bidan, meningkatkan pengetahuan berbasis kompetensi serta membantu visi misi Pemkab Sumedang  mewujudkan pembangunan di bidang kesehatan," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)