IPP - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, membuka acara World Diabetes Day (Hari Diabetes Dunia) yang diselenggarakan Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Sumedang, Sabtu (14/12/) di IPP Sumedang.

Bupati berharap keberadaan Persadia bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, baik penderita diabetes maupun yang bukan penderita. "Persadia harus menjadi solusi pada masalah diabetes, yang akhirnya bermuara pada peningkatan serajat kesehatan masyarakat Sumedang," ujarnya.

Acara tersebut dihadiri sekitar 900 orang, terdiri dari para penderita diabet maupun non diabet. Acara juga dihadiri Dirut RSUD Sumedang, dan Dinas Kesehatan Sumedang.  Bupati pun mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, sebab, angka diabetes setiap harinya semakin tinggi.

Bupati juga mengajak masyarakat menjalankan program 'CERDIK'. Yakni cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin olahraga. Kemudian diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stres. "Persadia harus terus jadi bagian solusi penderita dibetes, memberikan penanganan terbaik, dan mencegah bagaiamana tidak terjadi peningkatan," katanya.

Hari Diabetes Dunia digelar sejumlah kegiatan, diantaranya education walk, lomba poster nutrisionis, cerdas cermat, menghitung kalori dan membuat daftar menu, lomba edukasi dan fun games.

Ketua Persadia Cabang Sumedang  dr. Darmiana menuturkan, upaya menekan angka diabetes, pihaknya selalu memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah diabetes. "Saat ini diabetes penyebabnya bukan hanya turunan, tetapi juga menyerang manusia diberbagai usia. Karena itu kami tidak berhenti mengedukasi, kalau bisa mencegah daripada mengobati," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)